Seputar Kota dan Desa

Melihat sekitar kita (Kota dan Desa)

Ramadhan dan Lebaran, Makanan Minuman Berbahaya Mengancam

Peringatan bagi yang suka cemilan dan makanan lainnya. Hati-hati apabila Anda membeli  makanan atau minuman yang akan kita konsumsi. Bulan ramadhan merupakan moment yang tepat untuk menjual aneka makanan dan minuman baik yang ringan maupun yang kompleks. Karena sudah menjadi tradisi dan budaya masyarakat kita, Ramadhan dan Lebaran, budget untuk makanan dan minuman bisa melonjak tajam. Tapi, kalo tidak hati-hati, bahaya akan mengancam.

Baru baru ini, kami telah mengadakan survey ke pasar induk Kabupaten. Ini hanya merupakan sampel, jadi kemungkinan masih banyak temuan. Ada indikasi makanan dan minuman telah ditambahkan pewarna tekstil, yaitu Rhodamin B dan metal yellow, yang mengakibatkan efek karsinogenik pada tingkat akumulasi tinggi.

Tapi sebenarnya yang penting bagi kita adalah, teliti sebelum membeli. Apabila ada warna yang mencolok, sebaiknya di hindari. Dan jangan lupa nomor registrasi (PIRT dan MD) serta tanggal kadaluwarsa diperhatikan.

5 September 2009 - Posted by | Kota Bahaya | , , , ,

2 Komentar »

  1. KITRA HARUS LEBIH TELITI UNTUK MEMBELI MAKANAN KECIL UNTUK HARI RAYA KARENA BANYAK PEDAGANG YANG NAKAL

    Komentar oleh Sewa Projector Murah | 9 September 2009 | Balas

    • jaman sekarang banyak pedagang yang bukan lagi nakal. tetapi sudah menjurus ke arah kriminal yaitu membunuh (dengan cara pelan-pelan). Mereka mendaftarkan ijin pengan mereka dengan proses pengolahan dan bahan baku sesuai dengan regulasi. Begitu respon dari masyarakat tinggi, mereka mulai mengganti beberapa bahan yang ramah kesehatan dengan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Contohnya pewarna makanan di ganti dengan pewarna tekstil (dengan harga yang lebih murah).

      Komentar oleh desaobat | 9 September 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: